Drama Jobseeker?

18 Agu

Oke setelah lulus  dan sudah resmi mendapat ijasah, masalah yang dialami para fresh graduate adalah mencari pekerjaan. Gampang gampang susah sih sebenernya cari pekerjaan itu ibaratnya kalo kata orang tua itu dapet pekerjaan tergantung gimana rejekinya kita, mungkin untuk para lulusan universitas ternama dan mempunyai ipk bagus ( diatas 3,00) akan lebih mudah mendapat pekerjaan atau minimal panggilan untuk psikotes atau interview lain hal sama para lulusan dari universitas biasa aja atau lulusan dari universitas ternama tapi ipk nya pas-pasan, Tapi bener gak sih kalo hal ini berlaku sama semua orang dengan atau bener gak sih kalo lulusan universitas ternama (universitas Negri) lebih cepat dapet kerja dibanding sama lulusan lainnya?

Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Iya karena image yang saat ini masih beredar di kalangan masyarakat kalau lulusan universitas negri itu mempunyai kualitas yang lebih baik dari lulusan universitas lain, hal ini didasarkan karena masuk universitas negri itu kan susah (dengan tes terlebih dahulu) jadi gak semua orang bisa masuk ke universitas negri, dan sudah pasti mereka yang diterima juga merupakan mereka yang terbaik diantaranya. Tapi apakah hal selalu begitu nyatanya masuk universitas negri bisa dibilang untung-untungan bukan berarti orang yang pintar sudah pasti lolos tes masuk universitas negri ada kok orang yangpintar malah tidak diterima, malah ada orang yang biasa biasa aja diterima. disamping itu banyak dari staf HR di perusahaan ternama sekarang ini merupakan lulusan dari universitas negri karena itu pada saat perekrutan karyawan baru atas nama setia pada alamamater lulusan dari universitasnya pasti lebih di pertimbangkan.

Jadi kalo begitu percuma dong para llulusan universitas lain melamar di perusahaan – perusahaan tersebut atau singkatnya mereka yang dari universitas lain hanya dapat sisaan saja?

siapa bilang, karena itu diatas saya sampaikan tidak selalu lulusan dari universitas negri yang lebih mudah mendapat pekerjaan hal ini karena saat ini perekrutan sudah banyak perusahaan yang dalam tahapan perekrutan  karyawan baru melalui psiko tes sehingga, hal ini dikarenakan perusahaan juga tidak ingin seperti membeli kucing dalam karung, dalam arti karyawan yang diterima jangan hanya menjual nama almamater dan ipk besar tapi dalam kontribusinya untuk persuhaan tidak menghasilkan keuntungan.  Psiko tes juga dilakukan agar karyawan baru yang diterima di suatu perusaan bener- bener memiliki kriteria seperti yang di ingginkan perusahaan sehingga apa yang diharapkan oleh perusahaan dari karyawan baru tersebut dapat terpenuhi. Dari psiko tes yang di lakukan perusahaan bisa melihat bagaimana kepribadian calon karyawan baru, kemampuannya serta kekuranggannya, dan apakah hal ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Karena itu untuk para jobseeker yang merasa putus asa karena belum dapat panggilan kerja atau selalu gagal pada saat psiko tes. terruslah semagat dan selalu berdoa. ingat usaha tampa dibarengi doa tidak akan memuluskan jalan. dan selalu empersiapkan diri saat ada panggilan. tipsnya adalah cukupkan istirahat dan jangan lupa makan sebelum melakukan psiko tes, jangan lupa berdoa dan selalu tenang dan berpikiran positif, di jamin sesuatu yang indah akan hadir diwaktu yang tepat jika kita terus berusaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: