Anak mengeluh tidak punya teman

18 Sep

Kemarin adik saya yang masih berusia 6 tahun mengeluh tidak punya teman disekolah.  Hal pertama yang saya tanyakan pada adik saya adalah apakah ia berbuat sesuatu yang  tidak menyenangkan pada temannya sehinnga temannya enggan bermain dengannya, adik saya menjawab tidak melakukan apapun. Namun bagi saya dan ibu saya hal ini bukan lah kali pertamanya adik saya mengeluh tidak punya teman di sekolah. Sebelumnya waktu di TK dulu adik saya pun pernah mengeluh tidak punya teman. setelah diamati ternyata pada saat bermain bersama adik saya kurang bersahabat dengan temannya dalam arti emosinya kurang terkontrol dan suka mengatur. Akibatnya temannya merasa enggan bermain bersamanya.

Sebenarnya apa sih yang mengakibatkan anak kecil sulit bergaul?

Seperti tulisan  dari kompas.com yang saya kutip dijelaskan bahwa anak yang mudah bergaul merupakan ciri anak yang memiliki kecerdasan sosisal (Interpersonal). Kecerdasan sosial adalah kemampuan seseorang dalam berinteraksi antarpribadi satu dengan pribadi lainnya, serta dapat menempatkan diri pada lingkungan. Anak yang cerdas sosial juga cerdas diri (intrapersonal). Cerdas diri artinya kemampuan seseorang untuk memahami diri sendiri, bagaimana ia mengolah diri sendiri baik emosi maupun pemikirannya dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Anak yang dapat mengolah dalam arti emosi nya lebih terkontrol akan lebih mudah untuk bergaul.

Selanjutnya Hedwig Emiliana Tulus, S.T., Psi , psikolog dari Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, mengemukakan dua penyebab anak tidak memiliki teman. Pertama, anak pada dasarnya pemalu. Kedua, anak tidak punya bekal cukup akan aturan social. Ini membuat dia sulit memulai hubungan dengan orang lain. Ia bahkan bisa berbenturan dengan lingkungan sosialnya.

Anak yang mempunyai pemahaman yang baik akan aturan social akan lebih mudah untuk bergaul. Aturan social disini misalnya bagaimana cara menegur sapa orang lain dan meminta maaf saat salah

Lalu bagaimana menangapi anak yang mengeluh tidak punya teman.

  • Tanyakan apakah anak melakukan suatu hal yang tidak menyenangkan pada temannya. Hal ini akan membiasakan anak untuk introspeksi terlebih dahulu daripada menyalahkan temannya.
  • Berikan tanggapan positif yang membangun anak misalnya “Mungkin temanmu tidak tahu kalau kamu ingim bermain dengannya karenanya besok kamu sapa temanmu dan ajak bermain.”
  • Selalu ajarkan anak untuk berterima kasih saat dibantu dan meminta maaf jika melakukan sesuatu yang salah.
  • Jika anak memiliki emosi yang tidak terkontrol terangkan bahwa mungkin temannya enggan bermain dengannya karena emosinya.
  • Konsultsikan dengan guru pembimbing anak tentang masalah ini karena selama anak di sekolah yang mengawasi gerak gerik anak adalah guru. Dan dari guru kita dapat meminta saran untuk mengatasinya.

 

Sumber :

http://female.kompas.com/read/2011/11/11/09340512/4.penyebab.si.kecil.tak.punya.teman

http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/balita/psikologi/trik.agar.anak.punya.teman/001/007/673/1/1

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: